Rabu, 11 Juli 2012

Mata bayiku berair dan belekan terus

Banyak pertanyaan seperti ini dikemukakan orangtua pada saat kontrol rutin.
Kenapa mata bayiku berair terus, seperti belekan, ada yang sebelah mata ada yang kedua duanya, tapi kalau diperhatikan matanya ngga merah??? 
Jawabannya:
Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran pembuangan air mata. Merupakan hal yang biasa ditemukan pada bayi (sekitar 5%) dengan bertambah usia kebanyakan sembuh sendiri.
Penjelasannya :
Sebelum bayi lahir, ada membran yang menghalangi lubang diantara saluran air mata dan hidung. Pada saat anak lahir, membran biasanya terbuka. Jika hal ini tidak terjadi, mengakibatkan saluran air mata tersumbat. Hal ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata.  Jika saluran air mata tersumbat, air mata masih dapat masuk kebagian atas sistem drainase air mata (puncta, canaliculi, kantung air mata), tetapi tidak dapat mengalir ke dalam hidung karena penyumbatan. Air mata sepanjang waktu mengalir di pipi anak.
 Mengapa waktu lahir tidak belekan tapi sesudah beberapa bulan baru muncul?
Meskipun penyumbatan saluran air mata sebenarnya sudah ada pada waktu bayi lahir, tapi  karena kelenjar air mata bayi yang baru lahir belum menghasilkan air mata yang banyak gejala penyumbatan saluran air mata tidak muncul sampai anak agak besar ketika produksi lebih banyak.
Bagaimana Pengobatannya? 
Sekitar 85% anak dengan saluran air mata tersumbat menjadi sembuh sendiri. Antibiotik tidak berpengaruh apapun untuk membuka saluran air mata. Kadang-kadang memijat saluran air mata dapat membantu membukanya. Gambar di bawah menunjukkan caranya. Anda harus menempatkan ibu jari atau jari telunjuk pada kulit tepat di atas kantung air mata. Kemudian,  gerakan dengan tekanan ke arah bawah. Idenya adalah untuk mendapatkan beberapa belek atau cairan yang ada di dalam kantung air mata terperangkap di antara jari Anda dan membran yang menghalangi saluran air mata. Dengan tekanan kuat ke bawah, nanah atau cairan dapat diperas ke bawah dan memecah membran. Dapat dianggap sebagai "memerah" saluran air mata. Orang tua harus melakukan hal ini  sekitar 5-10 tekanan 3 atau 4 kali sehari selama beberapa minggu.
 
Kapan sembuh sendiri dan apa yang dilakukan bila tidak ada perbaikan?
Kebanyakan anak dengan saluran air mata tersumbat akan membaik dalam usia beberapa bulan pertama tetapi bila usia 6 bulan belum ada perbaikan sebaiknya konsultasi ke dokter mata. Oleh dokter mata dilakukan prosedur probing dengan memasukan kawat halus untuk membuka sumbatan saluran pembuangan air mata. 

disarikan dari University of Wisconsin UW Health : Blocked Tear Ducts in Children.
http://www.uwhealth.org/healthfacts/B_EXTRANET_HEALTH_INFORMATION-FlexMember-Show_Public_HFFY_1118152865524.html 

1 komentar:

  1. selamat sore dokter,
    anak saya ada bencolan dibawah mata dan dekat ujung hidung. sering mengeluarkan air mata dan belekan. bencolan masih sekitar 3 minggu. apakah di biarin dulu atau harus pijat seperti blog di atas?

    BalasHapus

harap berkomentar yang sopan dan tidak menyinggung SARA