Senin, 18 Februari 2013

Bagaimana mengetahui kecukupan ASI/ PASI?


Penting untuk mengetahui cukup tidaknya ASI. Pada 2 minggu pertama biasanya belum ada kenaikan berat badan, tetapi setelah itu, bayi harus bertambah berat badannya paling sedikit sesuai dengan tabel dibawah ini
Kenaikan berat badan bayi normal yang diharapkan
Trimester 1 (usia 0-3bulan ) :25-30 g/hr =       200 g/mgg = 750-900 g/bulan
Trimester 2 (usia 4-6bulan)  :  20 g/hr =          150 g/mgg=     600 g/bulan
Trimester 3 (usia 7-9bulan)     15 g/hr =          100 g/mgg =    400 g/bulan
Trimester 4 (usia 10-12bulan)8-10 g/hr = 50-75 g/mgg = 200-300 g/bulan

Bila kenaikan berat badan tidak sesuai, segeralah berkonsultasi dengan dokter / petugas kesehatan lain untuk mengetahui penyebabnya.

Pada hari-hari pertama setelah metahirkan, ASI yang keluar masih sedikit, bening, kuning, disebut kolostrum. Walaupun tidak banyak, kolostrum sangat penting untuk diberikan karena mengandung zat anti untuk melawan serangan infeksi. Karena itu penting untuk memberikan ASI sesering mungkin. Hal ini penting ditakukan untuk rangsangan awat produksi ASI.  Setelah ASI banyak berikanlah secara on demand/ sesuka bayi

Posisi ibu dan bayi harus berhadapan, saling menatap Perlekatan mulut bayi mencakup seturuh areola payudara Bibir bawah bayi melipat keluar ("dower"). Menyusui secara benar akan dirasakan nyaman baik oleh ibu maupun bagi bayi sehingga proses menyusui menjadi lancar dan menyenangkan.
Perlekatan mulut yang tidak baik (hanya puting payudara yang masuk ke dalam mulut bayi) menyebabkan proses menyusu tidak efisien dan akan mengakibatkan lecet/luka pada puting yang sangat sakit, sehingga ibu malas menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap berkomentar yang sopan dan tidak menyinggung SARA