Senin, 16 Desember 2013

Benjolan pada Kepala pada bayi baru lahir

Pada sebagian bayi baru lahir dapat ditemukan benjolan di daerah kepala. Terasa lembek seperti berisi cairan. Kadang kadang ukurannya agak besar sehingga membuat cemas orangtua. Paling kelihatan  pada kelahiran dengan tindakan vakum. Apa sebetulnya benjolan ini, apakah berbahaya? simak bahasan dibawah ini
Kaput Suksedanium
Paling sering ditemui
Berupa benjolan  lunak dikepala, batas tidak tegas, tidak berfluktuasi (bergerak), dan melampaui sutura (celah yang teraba akibat tulang kepala yang belum menyatu)
Isi benjolan adalah akumulasi cairan serum  subkutan (dibawah kulit) dan ekstraperiosteal (diluar tulang tengkorak)
Penyebabnya : Tekanan serviks (mulut rahim) pada kulit kepala mengakibatkan tekanan yang keras pada kepala saat di jalan lahir, sehingga terjadi bendungan sirkulasi kapiler  dan aliran limfe.
TIDAK diperlukan terapi, tidak berbahaya, cepat menghilang dengan sendirinya (3 – 6 hari)



Sefal Hematoma
Benjolan lunak pada kepala bersifat  difus (merata), batas tegas, tidak melewati sutura   
Benjolan ini berisi darah yang diakibatkan  robeknya pembuluh  darah yang melintasi tulang  kepala ke jaringan periostium.
Timbul setelah beberapa jam bayi lahir (6 - 8 jam)
Yang perlu diperhatikan bila benjolannya besar, walaupun jarang terjadi, dapat mengakibatkan penurunan kadar Hemoglobin atau mengkibatkan bayi menjadi lebih kuning (ikterus). Yang penting dalam kasus ini adalah pemantauan.
Benjolan normalnya menghilang dalam 2 – 8 minggu.
Kadang kala benjolan tidak cepat menghilang oleh karena adanya timbunan kalsium dan jaringan fibrosis berupa benjolan keras. Tetapi kebanyakan benjolan keras ini hilang sendiri usia 1 – 2 tahun.



disarikan dari buku Pelayanan kesehatan neonatal esensial: Pedoman teknis pelayanan kesehatan dasar.  Kementerian Kesehatan,2010

44 komentar:

  1. Dok.. Saya mau tanya.anak saya baru 2 minggu dan msh kuning tapi sudah tidak terlalu kuning seperti baru lahir dan kepala nya ada benjolan lembek.. Apakah itu berbahaya dok? Mohon penjelasannya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya mau tanya, anak saya jg waktu lahir kuning dan skrng kepalanya ada benjolan lembek. Itu berbahaya ngk ya? Dan penanganannya seperti apa?

      Hapus
    2. Maaf dokk mauu nanyaa anak saya ada benjola

      Hapus
    3. Maaf dokk mauu nanyaa anak saya ada benjola

      Hapus
  2. Mohon info dan pencerahannya...bgmn cara utk mnghilangkan nyaa...(benjolan lembek di kepala). apa yg harus di perbuat.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya awal lahir juga ada benjolan dikepala(lembek) rutin di elus setiap mandi dan saat memberi ASI, Alhamdulillah jalan 1bulan kempes.

      Hapus
  3. anak saya ada benjolan dikepala umur 2 minggu cara menhilang kan gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya mau tanya kondisi anaknya skrg. Apakah benjolan di kepalanya sudah hilang? Soalnya aku jg punya bayi umur 2 minggu. Dia jg ada benjolan si kepala bagian atas sebelah kanan.

      Hapus
    2. maaf mau tanya, setelah minggu keberapa benjolannya hilang di kepala anaknya? anak saya juga 2minggu dan masih ada benjolan diatas sblh kanan

      Hapus
  4. Dok saya mau tanya, anak saya lahir di vakum dan ada benjolan, kira kira berapa lama ilangnya, saya khawatir berbahaya dok

    BalasHapus
  5. Dok, saya mau tanya, anak saya memiliki benjolan pada kepalanya dari lahir, saya melahirkan secara normal, tapi setelah 4-5 hari benjolan dikepala anak saya tidak ada perubahan apapun, dan dihari kelima anak saya malah kejang, apa penyebabnya ya dok, apakah penyakit ini akan bisa berakibat fatal dok?.

    BalasHapus
  6. maaf mau tanya, setelah minggu keberapa benjolannya hilang di kepala anaknya? anak saya juga 2minggu dan masih ada benjolan diatas sblh kanan kepal

    BalasHapus
  7. maaf mau tanya, setelah minggu keberapa benjolannya hilang di kepala anaknya? anak saya juga 2minggu dan masih ada benjolan diatas sblh kanan kepal

    BalasHapus
  8. Dok apa penyebabp sehinggah ada benjolan ditemukan dikepala bayi baru lahir sampai sekarang ini sudah 6 hari belum ada perubahan benjolan tersebut Dok Kami ingin penjelasan yang serius....................

    BalasHapus
  9. Dok,, saya melahirkan sudah 14 hari terus d kepala anak saya ada benjolan yg lembek sejak lahir...apakah ituu berbahaya..???? Benjolannya sebesar bola kasti....mohon penjelasannya

    BalasHapus
  10. Dok, saya mau tanya anak saya usia 2 minggu itu ada benjolan bekas vakum..tp setelah konsultasi dokter anak 2 kali katanya perlu tindakan penyedotan, efek samping dari penyedotan itu apa?

    BalasHapus
  11. Dok fto bayi itu mirip dikepala saya,tapi saat ini sya sudah 27 thun.. terlihat sekali benjolnya kalo potong rambut pendek. Apa ini masih bisa di hilangkan dok?

    BalasHapus
  12. dok anak saya bejolan di kepala persis sama dengan yg ada di foto di kepala atas bagian kanan dan di tekan tidak kertras tapi umur sudah 20 hari benjolan belum hilang juga
    solsusinya gimana dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sm bayi saya jg,apkah sudh kempes pak bagimna cara mengatasi nya sedikit cemas saya

      Hapus
  13. Maaf dok mau nanya
    Anak sya lahir sudah ad 14 hari dan d kepala masih ad benjolan d dalmnya ad cairan.apkah itu berbahaya?bgaimana cara menghilamgkanny?mohon penjelasannya dol...terimakasih

    BalasHapus
  14. Maaf dok mau nanya
    Anak sya lahir sudah ad 14 hari dan d kepala masih ad benjolan d dalmnya ad cairan.apkah itu berbahaya?bgaimana cara menghilamgkanny?mohon penjelasannya dol...terimakasih

    BalasHapus
  15. Maaf dok, saya juga mau tanya..
    Anak saya ada benjolan di bagian depan kepala sebelah kiri.. benjolannya keras seperti tulang dan ini sudah berbulan.bulan setelah dia kepentok tembok waktu masih umur sekitar 3bulan..
    Sudah saya bawa untuk di rontgen, tapi hasilnya baik.baik saja.. Tapi saya masih khawatit karena benjolannya sampai sekarang yg usia anak saya 11bulan tidak hilang.hilang juga..
    Menurut dokter, saya harus bagaimana ya ?

    Terima kasih..

    BalasHapus
  16. Maaf dok, saya juga mau tanya..
    Anak saya ada benjolan di bagian depan kepala sebelah kiri.. benjolannya keras seperti tulang dan ini sudah berbulan.bulan setelah dia kepentok tembok waktu masih umur sekitar 3bulan..
    Sudah saya bawa untuk di rontgen, tapi hasilnya baik.baik saja.. Tapi saya masih khawatit karena benjolannya sampai sekarang yg usia anak saya 11bulan tidak hilang.hilang juga..
    Menurut dokter, saya harus bagaimana ya ?

    Terima kasih..

    BalasHapus
  17. Saya mw bertanya cara menghilangkan benjola dikepala bayi saya.. wktu melahirkan saya dibantu alat vacum..awalx benjolan nya lembek dan kata dokter dibiarkan saja nnt hilang..tp trnyata anak saya sdh berusia 40 hr tp benjolanx msh da justru sdah mengeras.. bagaimana cr untuk menurunkan benjolan itu..soalx saya kasian kepala anak saya bentukx jd aneh terlihat tinggi sebelah kanan voz benjolan yg sdh keras itu.. mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk mau tanya apa benjolannya masih sepeeti kondisi awal. Apa ada perkembangan. Soalnya anak saya seperti itu jg mbk. Mohon jawabannya ya mbk.

      Hapus
  18. Saya mw bertanya cara menghilangkan benjola dikepala bayi saya.. wktu melahirkan saya dibantu alat vacum..awalx benjolan nya lembek dan kata dokter dibiarkan saja nnt hilang..tp trnyata anak saya sdh berusia 40 hr tp benjolanx msh da justru sdah mengeras.. bagaimana cr untuk menurunkan benjolan itu..soalx saya kasian kepala anak saya bentukx jd aneh terlihat tinggi sebelah kanan voz benjolan yg sdh keras itu.. mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba apakah benjolannya masih ada mba apa sudah menghilang dan d waktu berapa bulan

      Hapus
  19. Mba shinta lay apa benjolan di kepala ank nya sudah hilang sekarang?

    BalasHapus
  20. Saya mau bertanya, pada anak saya jg ada benjolan lunak di bagian kiri atas namun persalinan normal tanpa alat bantu vacum dan proses persalinan tidak sulit malah lancar dan mudah.. Kira2 kenapa bisa ada benjolan tersebut? Sudah saya tanyakan kepada bidan namun bidan bilang itu namanya "sepa" dan saya coba cari tahu di google namun tidak ada yg namanya sepa.. Mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Indra Yudhistira skrg bgaimn benjolan di kepala anaknya,sudah kempes?.mnta obatnya apa?krn bayi saya juga sama ada benjolannya dan proses persalinan pun normal tanpa alat vacum.mohon balasanya

      Hapus
  21. Maaf dok saya mo tanya ,,di kepala sblah kanan anak saya trfpt benjolan lunak sejak lahir dan stelah 20 hari benjolannya sudah mulai mengeras dan smpe sekarang umur 45 hari blum jg hilang benjolannya,. Berbahaya ap gak it do ,,? Dan gmn cara ngilangin nya dok ,,??persalinan secara sesar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sekarang benjolannya sudah hilang mb?

      Hapus
  22. Mbk shinta law apakah benjolan d kepala bayi anda sudah hilang? Brp bulan bs kembali normal?

    BalasHapus
  23. Dok saya mau nanya kk saya punya benjolan di kpla sejak lahir ukuran lmyn sedang dan sampai skrng umr 17 th msih ada apa tdk berbahaya tolong bntuan jwbn ada dok

    BalasHapus
  24. Dok saya mau tanya di kepala anak sy ada benjolan di seblh kanan dulu lembek dan setelah 40 hari jadi keras dan benjolannya kayak gerak gerak kalo anak sy bergerak.. waktu lahir gak ad ketemunya pas waktu memandikan pagi hari sy lhir normal.. tp anak sy baik baik sj dok apakah itu bahaya

    BalasHapus
  25. Dok, saya punya anak bayi lahir nya memang agak kuning tapi setelah usia 4 blan kluar benjolan kecil" di kepala dan satu di bawah mata sebelah kiri tepat di bawah bulu mata seoerti daging tumbuh tapi lembek dan berwarna kuning, bagaimana solusi nya dok dan disebabkan oleh apa, mksih dok...

    BalasHapus
  26. Dok, saya punya anak bayi lahir nya memang agak kuning tapi setelah usia 4 blan kluar benjolan kecil" di kepala dan satu di bawah mata sebelah kiri tepat di bawah bulu mata seoerti daging tumbuh tapi lembek dan berwarna kuning, bagaimana solusi nya dok dan disebabkan oleh apa, mksih dok...

    BalasHapus
  27. Dok, saya punya anak bayi lahir nya memang agak kuning tapi setelah usia 4 blan kluar benjolan kecil" di kepala dan satu di bawah mata sebelah kiri tepat di bawah bulu mata seoerti daging tumbuh tapi lembek dan berwarna kuning, bagaimana solusi nya dok dan disebabkan oleh apa, mksih dok...

    BalasHapus
  28. dokter, anak saya kepala bagian belakangnya datar,, waktu umur 2 bulan pernah konsul ke dokter sp. A,, katanya msh bisa d perbaiki dg cara mengubah posisi tidurnya,, tp skrg sdh umur 3 bulan masih blm ada perubahan..
    bagaimana cara mmperbaikinya dok? apa yg harus saya lakukan?
    terimakasih.

    BalasHapus
  29. dokter, anak saya kepala bagian belakangnya datar,, waktu umur 2 bulan pernah konsul ke dokter sp. A,, katanya msh bisa d perbaiki dg cara mengubah posisi tidurnya,, tp skrg sdh umur 3 bulan masih blm ada perubahan..
    bagaimana cara mmperbaikinya dok? apa yg harus saya lakukan?
    terimakasih.

    BalasHapus
  30. Dok sy mw tanya ank saya lahir sc bru lahir ud ad tonjolan sperti d gambar tp tonjolan ny ad 2 d sisi kanan dan kiri,skrg usia ank saya sudah 3 mnggu kok blm juga hilang,bahaya atau tidak dok gmn cara mengatasi ny.terima kasih🙏

    BalasHapus
  31. Dok ank sya juga ada benjolan di kepala sebelah kanan, skrg umurnya 34 hri, bgmna dok cara menghilangkan benjolan itu

    BalasHapus
  32. Dok anak saya ada benjolan d kepala sebelah kanan,sudah 25 hari,apa obatnya dok berapa lama akan hilang dok

    BalasHapus
  33. dok saya mau tanya saya melahirkan sc di kepala anak saya ada bejolan lembut di sebelah kanan atas skarang anak sya udah brumur 13 hari tpi benjolan itu msih ada. apa itu berbahaya dok?

    BalasHapus

harap berkomentar yang sopan dan tidak menyinggung SARA